Telaga Warna, Pelanginya Wisata Dieng Wonosobo

Telaga Warna
Instagram telagawarnadieng

Telaga Warna merupakan salah satu wisata Dieng Wonosobo pilihan dan berdiri di ketinggian 2000 mdpl dengan keunikan yang dimilikinya.

Telaga ini dikelilingi bukit-bukit dan pepohonan yang rindang sehingga cocok sebagai tempat untuk melepas penat.

Spot wisata ini merupakan spot favorit para pendaki dan dipercaya jika telaga yang terbentuk akibat letusan gunung berapi ini dulunya merupakan tempat permandian para Dewi.

Sebenarnya wisata di daerah Dieng ini memiliki beberapa spot wisata telaga, namun telaga ini merupakan telaga paling favorit para wisatawan.

Daya Tarik

Mengapa telaga ini menjadi spot favorit wisatawan? Alasannya karena spot ini memiliki fenomena alam yang tiada duanya.

Sulfur yang terkandung dalam air telaga ini begitu tinggi. Sehingga, air dalam telaga dapat berubah-ubah warna menjadi hijau, kuning, dan biru saat sinar matahari mengenai air telaga.

Selain sulfur, penyebab fenomena ini juga dikarenakan telaga ini merupakan habitat utama gangga merah.

Jika menurut urband legend, telaga ini terbentuk karena tangisan Raja Prabu Suwartalaya beserta rakyarnya saat putri raja tersebut membuang kalung pemberian sang raja di hari ulang tahunnya.

Daya tarik lain dari telaga ini adalah terdapat beberapa goa yang ada di sekitaran telaga dengan keunikannya masing-masing.

Goa-goa tersebut antara lain Goa Semar, Goa Sumur Eyang Kumalasari, Goa Pengantin dan juga Goa Jaran Resi Kendaliseto.

Banyak keunikan yang dimiliki masing-masing goa tersebut seperti goa semar yang memiliki kolam kecil di dalamnya.

Air yang ada di dalam Goa Semar dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan membuat kulit maupun wajah menjadi jauh lebih cantik, istilah kerennya glowing.

Selain itu, Goa Semar ini juga memiliki sebuah patung Semar yang sedang membawa kendi dan letaknya persis di depan Goa Semar tersebut.

Goa-goa yang ada di telaga ini biasanya digunakan oleh warga sekitar atau wisatawan dari luar kota untuk melakukan meditasi.

Harga Tiket dan Fasilitas Yang Tersedia di Wisata Telaga Warna

Umumnya, harga tiket masuk ke wisata ini dikenakan biaya sebesar Rp 22.00 untuk wisatawan domestik.

Memang ada sedikit perbedaan tarif antara wisatawan domestik dan wisatawan asing. Untuk wisatawan asing sendiri tiket masuk dikenakan sebesar Rp 117.00 pada hari kerja atau weekdays dan sebesar Rp 164.000 pada hari libur atau weekend.

Sebagai himbauan tiket ini dapat berubah sewaktu-waktu dan dilakukan penyesuaian. Untuk anak usia lima tahun untuk masuk ke wisata ini sudah dikenakan biaya penuh.

Fasilitas khusus wisata juga sudah cukup memadai sehingga wisatawan tidak perlu resah jika tidak dapat menemukan tempat umum seperti toilet, di wisata ini sudah pasti disediakan.

Untuk fasilitas lain yang ada di wisata ini adalah area parkir, mushola, warung makan, gazebo dan spot-spot wisata maupun foto yang menarik.

Alamat dan Jam Operasional Wisata Telaga Warna

Untuk lokasi telaga ini berada di tepi jalan raya yang merupakan jalur utama Dieng menuju ke wisata Bukit Sikunir tepatnya berada di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Jika Anda berada di lokasi tulisan “Welcome to Dieng Wonosobo” berada, maka Anda bisa berjalan ke lokasi wisata sekitar 5 menit perjalanan dengan jarak tempuh 1,3 km.

Jam operasional wisata ini di mulai pada pukul 06.30 hingga 16.00 WIB dan waktu terbaik untuk mengunjungi telaga ini adalah di pagi atau menjelang siang hari.

Jika Anda ingin ke wisata ini datanglah pada pagi atau siang hari. Karena jika Anda datang menjelang sore, selain tutup ada kemungkinan Anda tidak dapat melihat fenomena telaga karena tertutup awan kabut.