Wisata Posong, Magnetnya Kota Temanggung

Wisata Posong
instagram posong_temanggung

Wisata Posong, berada di ketinggian 1.823 mdpl, membuat berbagai tanaman dapat tumbuh subur di sekitar lokasi wisata ini.

Wisata ini merupakan objek wisata alam andalan yang menjadi magnetnya kota Temanggung, Jateng.

Dari wisata ini, Anda dapat melihat bentang alam kota Temanggung dengan suasana yang sejuk dan menyegarkan.

Jika Anda mengamati lingkungan di area wisata secara jeli, membentang jauh di sana Anda dapat melihat backgraound alam Posong berupa Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing

Perintis pertama wisata Posong adalah seorang pegiat lingkungan hidup untuk Komunitas Djogoreso Desa Tlahab bernama Zuniyanto.

Peran Posong begitu besar dalam masa Perang Jawa dimana Pangeran Diponegoro melawan kesewenangan kumpeni.

Kata “Posong” berasal dari kata “pos” dan “kosong”. Pos ini digunakan sebagai pengecoh dan memancing pihak kumpeni untuk menyerang pos yang ternyata kosong.

Alamat dan Fasilitas Yang Tersedia di Wisata Posong

Lokasi wisata ini berada di di lereng Gunung Sindoro. Tepatnya berada di Area Sawah, Tlahap, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Jika Anda menempuh perjalanan dari desa wisata Butuh, Nepal Van Java, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam 43 menit perjalanan via Jalan KL Angkrik.

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini sama seperti fasilitas yang tersedia di objek wisata lainnya, seperti toilet umum, mushola, kamar mandi, dan warung kopi atau warung makan yang gampang dicari.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Wisata Posong

Harga tiket yang di patok untuk masuk ke destinasi wisata ini sekitar Rp 20.000/orang, tiket parkir motor Rp 5.000 dan tiket parkir mobil kurang lebih Rp 10.000

Rata-rata wisatawan yang berkunjung ke sana di dominasi pada pagi hari karena bertujuan untuk melihat indahnya sunrise Gunung Sindoro

Karena hal tersebut, objek wisata ini dibuka sejak subuh di jam 04.00 hingga pukul 16.00WIB setiap hari.

Daya Tarik di Sekitar Objek Wisata

Objek wisata ini menawarkan pesona sejuknya bukit, hijaunya kebun tembakau dan panorama sunrise.

Anda dapat menikmati keindhan mata hari terbit atau sunrise pada ketinggian 1400 mdpl dengan background keindahan alam berupa keindahan 8 gunung sekaligus.

Dari tempat ini, Anda dapat melihat keindahan yang terpampang jelas Gunung Andong, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Muria, Gunung Merapi dan Gunung Telomoyo.

Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Sekitar Objek Wisata

Anda dapat melakukan banyak aktivitas ditempat wisata ini, sehingga Anda tidak akan merasa bosan dan jenuh.

1. Berburu spot foto

Bagi Anda yang memiliki hobi photographer atau pun eksplor tempat baru, disini terdapat spot-spot foto cantik yang dapat Anda unggah ke akun sosial media Anda.

Sopt foto favoit wisatawan adalah spot foto bertuliskan POSONG dengan backgraound keindahan alam Gunung Sindoro.

Ada juga spot foto lainnya tempat tempat yang berbentuk sayap kupu-kupu atau mencoba gardu pandang yang tersedia.

Dari gardu pandang ini Anda dapat melihat Gunung Sumbing dan kota Temanggung yang elok dan cantik.

2. Berkemah dan Outbound

Jika Anda menginginkan kunjungan yang lebih lama di wisata ini, Anda dapat melakukan camping ataupun outbound bersama kerabat terdekat Anda.

Lokasi camping dan outbound sudah disediakan oleh pengelola wisata ini. Anda cukup mendaftar dan menyewa tenda yang tersedia jika ingin melakukan camping disini.

Untuk outbound, tersedia wahana seperti flying fox untuk uji adrenalin Anda dan juga aktivitas seru lainnya.

3. Menyaksikan Golden Sunrise

Untuk dapat menyaksikan keindahan alam ini, Anda harus datang ke gerbang Posong Temanggung sekitar pukul 4.30 agar tidak ketinggalan menyaksikan keindahan sunrise tersebut.