Gunung Sindoro, Karya Agung Sang Pencipta di Kota Temanggung

Gunung Sindoro
Instagram pesona.sindoro

Gunung Sindoro memiliki ketinggian puncak 3.136 mdp, menjadikan gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi nomor 8 di Pulau Jawa.

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing disebut sebagai gunung kembar karena letaknya yang berdampingan dan memiliki bentuk yang hampir mirip satu dengan lainnya.

Anda dapat mampir ke wisata alam ini jika sedang berada di wisata Posong. Jarak tempuh antara Posong ke Gunung ini hanya membutuhkan waktu sekitar 41 menit perjalanan via Jalan Ajibarang Secang.

Gunung ini merupakan salah satu bukti karya Agung Sang Maha Pencipta yang begitu luar biasa Indah dan mengagumkan.

Kawah yang terdapat di gunung ini merupakan kawah volcano yang aktif. Di bagian sisi barat laut terdapat jurang kawah, di bagian sisi selatan gunung terdapat kawah terbesar yaitu kawah kembang dan terdapat kubah lava kecil di puncak gunung.

Asal muasal nama Sindoro berasal dari Bahasa sansekerta yang berarti indah, Sundoro berasal dari kata sundari artinya Wanita cantik.

Harga Tiket Pendakian dan Fasilitas Yang Terdapat di Gunung Sindoro

Untuk harga tiket pendakian biasanya disesuaikan atau tergantung jalur basecamp pendakian yang akan kita lewati.

Biasanya, patokan harga tiket pendakian cenderung sama dan perbedaannya tidak terlalu mencolok, rata-rata harga tiketnya sama. Jalur pendakian paling popular adalah Via Kledung.

Untuk dapat sampai ke lokasi ini, Anda biasanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Wonosobo.

Jika Anda menempuh perjalanan dari pusat kota Temanggung, waktu yang Anda butuhkan untuk perjalanan sedikit lebih lama yaitu sekitar 60 menit.

Biasanya, jika Anda melakukan pendakian via Kledug, Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 25.000, biaya parkir motor Rp 10.000 dan biaya parkir khusus mobil sekitar Rp 10.000.

Bagi Anda yang tidak ingin terlalu capek saat perjlanan mendaki, Anda dapat menyewa jasa ojek gunung (ogun) dengan biaya Rp 25.000 hingga Rp 30.000.

Untuk berjaga-jaga disarankan untuk membawa dana lebih sedikit dari estimasi karena, biaya restribusi operasional dapat berubah sewaktu-waktu.

Di sekitar basecamp fasilitas yang di tawarkan sudah cukup lengkap seperti area parkir, penitipan kendaraan, warung makan, warung logistik, ojek gunung, toilet, pos pendakian, mushola dan fasilitas pendukung lainnya.

4 Jalur Tracking Gunung Sindoro Favorit Para Pendaki

Walaupun gunung ini memiliki jalur track yang cukup panjang dan terjal, gunung ini tetap popular dikalangan pendaki. Anda beberapa jalur tracking favorit para pendaki antara lain:

1. Via Grasindo Kledug

Jalur ini merupakan jalur vavorit dan popular di kalangan pendaki. Alamatnya berada di Jalan Campur Salam No.7, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Jalur trackingnya jauh lebih pendek dari yang lainnya. Selain itu, jalur ini memiliki pemandangan yang indah karena berhadapan langsung dengan Gunung Sumbing.

2. Via Pajero Sindoro (Alang-Alang Sewu)

Merupakan jalur tracking popular kedua setelah jalur pendakian via Kledu. Jika Anda ingin melalui track ini, Anda bisa datang ke Jalan Keretek-Parakan Dusun Anggrunggondok, Desa Reco, Kecamatn Keretek, Kabupaten Wonosobo.

Jika Anda melalui rute pendakian ini, Anda akan mendapati sebuah mata air sekitar 100 meter jaraknya dari pos dua.

3. Via Sigedang Tambi

Jalur tracking Via Sigedang Tambi atau Via Sikatok ini beralamat di Desa Tambi, Kecamatan Sigedang, Kabupaten Wonosobo.

Saat Anda mendaki melalui track ini, di sepanjang perjalanan menuju jalur pendakian Anda akan disuguhkan panorama kebun teh yang terlihat hijau dan segar.

Tentunya saat mendaki menggunakan jalur tranck ini, Anda akan mendapatkan suasana yang sejuk dan udara yang jauh dari polusi.

4. Via Bansari Temanggung

Jika Anda menginginkan jalur track yang cukup mudah, Anda dapat melalui track via Bansari Temanggung.

Lokasinya berada di samping  gedung Kepala Desa Bansari, Temanggung. Saat melewati track ini Anda akan di suguhi pemandangan E,bung Bansari yang telah di resmikan oleh Presiden Indonesia